Kamis, 22 November 2012

GUEST COMPLAINT

Complaint adalah ungkapan ketidak puasan seseorang terhadap pelayanan/perlakuan seseorang terhadap kita.
Jenis2 complaint:
 Attitudinal complaint yaitu keluhan yang disebabkan oleh sikap karyawan yang tidak baik seperti:Menyinggung perasaan,tidak diperhatikan,Tidak ramah.
Contoh:
Pertama kali saya menginap dihotel ini,saya datang dengan 3 tamu asing,sesampainya dihotel,ketika kami ingin c/i,ternyata tipe kamara yang kami psan tidak sesuai,kami mengginginkan 2 kamar yang conecting namun diberikan 2 kamar yang berhadapan.Kami melaporkan kejadian kejadian ni kepada manager yang bertugas namun keluhan ini tidak ditanggapi baik oleh manager dan kami ttap menginap dihotel tersebut karena perusaan kami mengadakan seminar disana.

Unusual complaint yaitu keluhan yang bersifat khusus seperti:Lingkungan hotel banjir,susahnya mendapatkan taxi pada jam-jam sibuk.
Contoh:
Suatu saat  saya mengirim seorang tamu untuk menginap dihotel yang sama.Kebetulan Bali sedang hujan,kamar tamu saya kebanjiran air hujan.Anehnya ,tam saya juga mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan.

Service related problem yaitu keluhan yang disebabkan oleh pelayanan yang kurang baik seperti:terlalu lama menunggu,kamar yang belum dibersihkan,wake up call terlambat.
Contoh:
Kali ini seorang teman meyaknkan saya untuk mencoba lagi menginap dihotel tersebut.Saya terbujuk,tapi ketika saya c/i,ternyata kamar saya belum siap.Terpaksa saya belum siap,terpaksa saya makan siang dulu sambil menunggu

Mechanical complaint yaitu keluhan yang disebabkan oleh maalah perlengkapan maupun perlatan hotel yang tidak berfungsi baik
Contoh:
Tapi setelah menunggu satu jam lebih,kamar yang saya tempati ternyata bermasalah pula,AC dikamar sangat berisik,sprei/sheet tempat idur yang digunakan tidak bersih.Terpaksa  lagi-lagi saya mengeluh dan akhirnya diberikan kamar baru yang tidak lebih baik

2 komentar:

m.khalilullah mengatakan...

cara menanganinya mana?

Unknown mengatakan...

Cara menanganinya?

Posting Komentar