Rabu, 14 November 2012

RATER & CARE

Sejauh mana perusahaan anda menerapkan RATER
Reabilities/Kehandalan
Kemampuan seorang karyawan dalam memberikan  informasi secara detail dan nyata
Assurance/kepercayaan
Karyawan memilki kemampuan untuk meyakinkan tamu dengan implementasi yang baik
Tanggible/Tampilan
Memakai seragam sesuai dengan perusahaan dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada tamu
Empathy/Empati
Menyapa tamu yang datang kehotel akan lebih baik jika kita bisa mengingat nama tamu tersebut agar tamu merasa selalu diingat dan diperhatikan

Responsive/Tanggapan
Mendengarkan keluhan tamu dengan baik dan dengan cepat mencarikan solusi yang tepat

CARE VALUE KEY BEHAVIOR
Cekatan:cepat mengerti,pintar,cerdik,gesit lincah
Antusias:Bergairah,bersemangat dan menenangkan
Ramah:Baik hati,budi bahasa dan sikap menarik,suka bergaul dan menyenangkan dalam pergaulan
Empati:Mengidentifikasi diri dalam keadaan persaan atau pikiran yang sama dengan orang lain
Sudah care di divisi/departemen anda
Cekatan:
* Bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan SOP perusahaan
* Dapat mencari silusi dengan tepat
* Respek terhadap situasi dan kondisi dan dengan cepat menyesuaikan diri 
Antusias:
*Bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan
*Dalam mengerjakan pekerjaan selalu dikerjakan sampai selesai
 Ramah:
* Selalu menerapkan 3S(senyum.salam,sapa)kepada semua orang
* Selalu menawarkan bantuan
 Empati:
*  Selalu berpikir positif terhadap orang lain
* Bisa memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk bisa jadi lebih baik
Apa yang salah dalam implementasi care
Cekatan:
* SOP yang kurang terperinci sehingga banyak yang belum tertuang didalamnya
* Kebanyakan tamu merasa benar dan tidak mau disalahkan
* Pada saat pengambilan keputusan setiap masalah harus ada persetujuan management sementara tamu minta diatasi masalah tersebut dengan cepat
Antusias:
* Permasalahan pribadi terbawa didunia kerja sehingga sedikit banyak mempengaruhi pekerjaan
*  Perbedaan perlakuan antar karyawan oleh management sehingga mempengaruhi semangat kerja

Ramah:
* Ada kalanya kalau sudah terlalu dekat dengan atasan bahasa yang digunakan bukan bahasa formal
* Kurangnya rasa kebersamaan oleh antar karyawan
Empati:
* Hanya mementingkan diri sendiri
* kurangnya rasa kebersamaan
Apa yang masih bisa diperbaiki
Cekatan:
* penerapan standarisasi yang tepat dan merata
* mencoba mengatasi malahnya dulu klo tidak bisa baru meminta bantuan yang ahli
Antusias:
* memisahkan urusan pribadi dengan pekerjaan
* sealu penya cara untuk membuat mood selalu bagus
Ramah:
* Selalu tersenyum dan menyapa orang lain meskipun tidak dibalas
* Mengucapkan kata-kata yang baik meskipun ada ketidak cocokan
Empati:
* Membicarakan setiap permasalahan secara terbuka
* Membantu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin agar tidak terjadi perselisihan

0 komentar:

Posting Komentar